My Not-So-Pretty Routine

6:22 AM


Memang betul ya, kebiasaan orang itu terkadang dibentuk oleh lokasi dimana dia tinggal. Dan hal itu baru saya sadari setelah tinggal di Belanda. Ketika cuaca mulai semakin dingin saat memasuki musim gugur (apalagi musim dingin), terbentuklah kebiasan-kebiasan baru dalam diri saya yang sebelumnya jarang muncul ketika saya masih tinggal di Indonesia. Dan jujur saja, sebenarnya ini bukan kebiasan yang patut di contoh, tapi saya hanya ingin sharing bahwa living in Europe is not always rainbow and butterfly. In fact, cerita saya kali ini agak jorok atau meng"geleuh"kan kalau pakai istilah sunda mah. 

Sebelum saya mulai, saya mau bilang bahwa culprit/biang/sumber dari semua rutinitas minus ini adalah cuaca dingin di Belanda yang bikin saya ekstra mager dan semakin cinta dengan tempat tidur dan selimut saya yang hangat. Banyak teman Dutch saya yang bilang saat memasuki musim dingin orang-orang jadi gloomy dan depressed. Kalau untuk saya sih cuaca dingin bikin jadi malas dan merasa rugi untuk gerak. Kadang untuk ke kamar mandi di ujung koridor aja saya suka tahan-tahan sampai kebelet banget saking mager nya. See, kebiasaan yang engga banget kan? Dan sekarang, saya mau kasih lengkap my list of not-so-pretty routine:

1. Mandi malam hari: di Indonesia biasanya orang sehari mandi dua kali, mentok-mentoknya sekali deh, itu pun sering nya dilakukan pagi-pagi sebelum pergi ke sekolah/kerja. Nah sejak saya tinggal di Belanda, boro-boro saya mau mandi 2 kali! Ogah, dingin! Jadi mandi sekali sudah terhitung baik. Dan saya juga mulai mengganti jadwal mandi saya yang awalnya setiap pagi berubah jadi setiap malam. Memang apa beda nya beda pagi ama malam di Belanda? Kan mandinya  sama-sama pakai air hangat? Iyah-iyah, bener sih, tapi teori saya adalah saat kita tidur malam hari, temperatur tubuh kita secara otomatis akan menurun, jadi saat bangun pagi-pagi dan langsung mandi, badannya jadi shock gitu. Dan kebalikannya saat mandi malam hari, tubuh kita sudah terbiasa beraktifitas selama seharian dan jadi lebih hangat. Lagipula, katanya kalau mandi malam-malam bisa membuat tidur kita jadi lebih nyenyak.

2. Non-stop makan: banyak yang bilang cuaca dingin jadi bikin kita cepat lapar. Saya setuju! Dulu waktu tinggal di Jakarta, saya kuat tuh cuma makan dua kali dalam sehari, tapi jangan tanya kalau sekarang. Frekuensi makan saya jadi dobel! Dalam sehari saya bisa makan 4 kali dengan porsi yang jauh lebih banyak dari pada di Indonesia. Padahal kalau dipikir-pikir saya ngapain aja sih? Kerja berat juga engga, paling-paling cuma ke kampus dan mager di kamar. Jangan tanya kenapa, saya juga suka heran sendiri karena tidak bisa nahan diri. Tiap kali skype-an dengan orang tua, pasti komentarinya: kok di Belanda kamu jadi keliatan makin gendut sih?

3. Messy Hair: kalau di Indonesia, rambut kita berantakan dikit aja pasti disuruh sisiran, atau malah dibilang: elo belum mandi ya? Nah kalo di Belanda malah kebalikannya, orang-orang disini gak sisiran dan rambutnya dibiarkan berantakan, hal ini berlaku untuk cewek dan cowok. Hampir gak pernah tuh saya menemukan cewek-cewek sisiran di toilet umum kaya di Indonesia. Kalau dikelas pun, saat saya perhatikan rambut-rambut Dutch students nya cuma di uwel-uwel cepol gitu aja (untuk yang cewek), bahkan untuk jenis rambut lurus yang di gerai pun terlihat kusut karena tidak disisir. Di Indo, sisir itu termasuk barang "wajib" di dalam tas cewek, tapi tampaknya tidak demikian untuk cewek-cewek Belanda. Anyway, walau awalnya  saya mencela, namun lama-lama saya pun jadi sedikit kebawa ama kebiasaan ini, alasannya sih karena terkadang saya gak punya waktu untuk sisiran, jadi cuma diiket aja seadanya. Apalagi karena tidak akan ada yang komentar tentang rambut saya, jadi saya pun semakin males untuk berlama-lama sisiran. 

4. Exercise? No way!: padahal saya sudah daftar jadi member sport center di kampus dan fasilitas olah raga di sport center ini lengkap bingits, dari mulai badminton sampai berenang tersedia, lokasinya dekat pula sekitar 300 meter dari asrama saya, tapi memang dasarnya malas ya, sejak daftar dari bulan september 2015, belum pernah saya pakai sekali pun fasilitas olah raga ini. Selalu aja ada alasannya untuk gak olah raga, dan alasan yang paling sering saya pakai adalah: males ah, dingin

5. Hairdryer is my new bff: lagi-lagi banyak orang sering bilang, jangan sering-sering ngeringin rambut pakai hair dryer, nanti rambut nya jadi kering! Bener juga sih kalau dipikir-pikir. Tapi sejak saya tinggal di Belanda, saya jadi bodo amat. Tiap habis keramas, which is dua hari sekali, saya pasti langsung hair dryer an. Memang bikin rambut jadi sedikit kering sih, tapi dari pada masuk angin gara-gara rambut basah saat cuaca dingin? Hayo, pilih mana? Dan setelah saya perhatikan di Wageningen Student Plaza (tempat jualannya mahasiswa di Wageningen), ternyata hair dryer adalah salah satu produk paling laku dan dicari di kalangan mahasiswi Wageningen. 

So you see, tinggal di Eropa bukan berarti selalu kelihatan happy dan bermain salju, tapi dibelakang itu terdapat berbagai rutinitas yang bikin dahi mengkerut dan mulut mencibir. Sampai ketemu di postingan saya selanjutnya, until then, take care!


You Might Also Like

13 comments

  1. suhu di belanda skrg brp sis? lg kuliah di sana ya?
    kayaknya seru banget ya XD jd pgn ngerasain tinggal di musim dingin kyk gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Xiao Vee, suhu di Wageningen sekarang sekitar 8-3 celciusan, dan sepertinya akan semakin dingin sampai february. Iyah nih, sekarang saya lagi ngambil S2 di belanda

      pas baru mulai musim dingin sih awalnya seru, tapi kalo kelamaan rasanya ngebetein juga, jd gak bisa kemana-mana. Kalo boleh request sih, musim dingin nya jangan lama-lama, cukup 1 bulan aja :D Hihi...

      Delete
  2. Mbak Mel, nanti kalau pulang sini jangan dibawa yakk kebiasaan jarang mandi dan jarang sisirannya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....gak janji nin, gw jadi kebiasaan mandi air anget nih...curiga kalo ga ada air anget di Indo, gw jadi males mandi juga..wwkwkw

      Delete
  3. Berarti kalo lagi diet jangan ke Belanda pas musim dingin ya mbaa hehe. aku mau dingin mau panas tetep doyan makan hihiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ember mba, rusak deh pasti rencana diet kalo dtg ke Belanda pas musim dingin, tiap berapa jam perut selalu minta diisi terus.

      Delete
  4. Ceritainnnnn lagi disana kuliahnya gimana... Kehidupannya gimana.. Makanannya gimana hahahhahahhahah.. Aku kepoooooo. Btw kalau pas pulang kabar2in ya Mel.. See ya dear. JBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi siap vani......nanti bakal sharing2 di postingan selanjutnya, stay tune ya..hehe...iyah, pasti kabar2in, kalo bisa ketemuan kita!

      Delete
  5. Berarti kata suamiku bener semua, tinggal di Eropa tidak seindah yang dibayangkan..namanya aja yang yurop tapi di musim dingin mandinya sekali aja cukuppp.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...bener mba, gak selalu happy dan indah tinggal di europe, kalo cuma liburan sih asyik ya, tapi kalo ampe bertahun-tahun banyak bumbu-bumbu dukanya juga. Bener deh, tanah air tetep the Best!

      Delete
  6. Hahahah iya bener juga saya jarang cuci baju walaupun musim panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba...bener-benar racun males nya berkobar-kobar disini, heran juga ya. Duh, moga-moga gak kebawa nih kebiasaannya pas balik ke Indo.

      Delete
  7. Aku juga waktu ke Jepang, temen2 pada heran, kok aku pagi2 mandi XD ternyata mereka cuma mandi di malam hari, sudah tau sih gegara liat film2 dorama, tapi kan tetep aja ya, ngerasa shock sendiri. Karena aku lebih suka mandi pagi daripada mandi di malam hari XD Terus aku dengan errornya bilang "jangan deket2 kamu belum mandi" XD~

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Subscribe