5 Charms of Paris

1:18 PM

Banyak yang bilang negara-negara di Eropa pemandangannya hampir sama, bangunan nya mirip-mirip semua. Kalau bukan museum maka bangunan bersejarahlah yang jadi destinasi wisata, dan gegara itulah saya jadi tidak overly excited waktu mau jalan-jalan ke Paris karena saya pikir bakal 'gitu-gitu' saja kotanya. 

Berbicara tentang travelling, Paris sendiri merupakan kota pertama yang saya kunjungi di luar Belanda. Setelah 6 bulan lebih tinggal di Wageningen, akhirnya saya jalan-jalan ke negara lain juga. Cihuy! Lama perjalanannya dari Amsterdam ke Paris menggunakan kereta super-cepat kira-kira 3 jam an, tidak terlalu jauh lah.  

Sekalipun saya cuma jalan-jalan di Paris selama 5 hari, ternyata kota ini dapat membuktikan bahwa persepsi saya salah besar. Ternyata Paris tidak hanya "gitu-gitu" saja. Dan saya yang awalnya merasa biasa saja dengan kota Paris, dibuat jadi jatuh cinta setengah mati sesudahnya. Kok bisa sih? Bisa dong! Kota Paris ternyata menyimpan sejuta pesona. Apa saja kah pesona yang dimiliki kota Paris? Yuk simak terus cerita saja dibawah ini. 

Paris Metro
sumber: tripadvisor
Paris metro merupakan transportasi kereta bawah tanah yang jadi andalan orang-orang di Paris untuk berpergian. Kalau dipikir-pikir, sistem Paris Metro hampir sama dengan Transjakarta, di setiap stasiunnya selalu terdapat 2 alur kereta api  yang yang rutenya sama namun saling berlawanan arah. Jadi kalau kita salah stasiun/tersesat, gampang banget untuk menemukan jalan pulang. Bedanya dengan Transjakarta adalah kalau naik Paris Metro kita tidak pernah harus nunggu lama-lama. Kalau ketinggalan, paling kita cuma nunggu 5 menit dan kereta selanjutnya langsung muncul. I LOVE IT! Sekalipun agak ngehayal, mudah-mudahan di masa depan Transjakarta bisa on time kaya gini ya.

Super Romantis
sumber: Tripadvisor
Romantis atau engga sebenarnya tergantung dengan siapa kita pergi. Tapi sekalipun kamu jomblo, kamu pasti tetep bisa merasakan romantisme kota Paris. Btw, di kota Paris itu dimana-mana kayanya bisa dijadiin tempat pacaran! (hahaha). Bagi saya sendiri moment romantis saya rasakan ketika lagi jalan-jalan di Pere Lachaise Cemetery (pemakaman umum tempat dimakankan orang-orang terkenal seperti Chopin, Jim Morison, dan Oscar Wilde). Sekalipun ini kuburan, tapi suasannya gak bikin horor karena dibangun dengan nilai seni yang tinggi. Moment romantis lainnya saya rasakan ketika sedang duduk-duduk di taman kota Parc Monceu. Saat duduk di taman ini rasanya adem sekali, tenang dan seperti jauh dari keramaian, padahal taman kota ini jaraknya cukup dekat denggan Arch de Triomphe yang berada di pusat kota Paris. Dan lokasi paling romantis di kota Paris yang sempat saya kunjungi adalah Pont de l'Archevech atau "Love Lock" bridge. Sebelumnya jembatan ini terkenal dengan ribuan gembok cinta yang dipasang di pagar jembatan oleh berbagai pasangan dari seluruh dunia, namun sejak tahun lalu jembatan ini direnovasi karena gembok-gembok tersebut menambah beban jembatan dan ditakutan lama-lama bisa rubuh saking beratnya. Seklipun gembok-gembok cintanya sudah tidak ada tapi tetap saja suasana diatas jembatan Pont de l'Archevech terasa romantis, karena selama duduk-duduk disitu kita disuguhkan pemandangan sungai Seine yang cantik serta diapit oleh bangunan-bangunan bersejarah kota Paris. 

White City

Menurut saya, satu hal signifikan yang membedakan kota Amsterdam dan kota Paris adalah warna bangunannya. Di Amsterdam bangunannya di dominasi oleh warna merah tua atau cokelat, sedangkan di Paris didominasi oleh warna putih dan cream. Warna putih dan cream ini memberikan kesan bersih dan megah untuk kota Paris. Bagus banget! Warna putih kota Paris ini cocok untuk dijadikan background foto :D. Banyak yang bilang: everything in Paris looks like in a postcard, dan saya setuju! Semua sudut kotanya cantik dan artsy, persis kaya di film-film. Sekalipun ada bangunan yang direnovasi, mereka tidak akan mengubah bentuk awal bangunan tersebut agar historical value nya tetap ada.

Tempat wisata bertebaran
Liburan di Paris gak akan pernah mati gaya karena banyak sekali tempat wisatanya. Mulai dari museum kelas dunia seperti Lourve Museum dan Muse D'Orsay, gereja-gereja dengan nuansa Gothic seperti Notre Dam,  historical monumen seperti Arch de Triomphe, sampai tempat wisata horor seperti Katakombe pun tersedia. Saya sendiri menghabiskan waktu lima 5 hari di Paris tidak cukup, masih banyak yang belum dilihat!

Di dalam Notre Dame de Paris
di Catacombs, Paris
di atas puncak Arch de Triomphe, Paris

Kota Fashion
Paris sebagai pusat fashion ternyata bukan julukan belaka. Saya cukup takjub waktu pertama kali sampai di Paris dan melihat para pekerja kantoran nya berpakaian sangat rapi dan trendy. Di Amsterdam juga banyak yang trendy dan stylist, tapi masih kalah level dengan Paris deh. Dasi dan coat jadi "seragam" wajib untuk mas-mas kantorannya, mba-mba nya sendiri banyak sekali yang pakai sepatu hak tinggi dengan heels runcing. Uniknya, warna hitam dan gelap mendominasi baju-baju yang dipakai oleh para Parisian ini. Kayanya udah jadi kesepakatan bersama untuk pakai baju warna gelap saat ke kantor (hehe). Jadi apakah kalo kita ke Paris cuma pake kaos dan jeans jadi kelihatan out of place? Engga lah, banyak juga kok yang pakai baju casual, tapi menurut saya secara umum penduduk Paris sangat memperhatikan cara berpakaian. 


Kalau ada yang mau Europe Trip, wajib banget ngunjungin kota Paris! Di jamin gak bakal rugi :) Sampai ketemu di postingan saya berikutnya! Until then, take care...













You Might Also Like

7 comments

  1. kangen juga kadang-kadang, pernah tinggal beberapa tahun...ah tapi ga berubah...bnyk rahasia yg blm terulik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mba...paris gak ada abis nya deh kalo untuk jalan-jalan :D

      Delete
  2. jadi kangen banget sama paris thanks for sharing ;)

    ReplyDelete
  3. Kayak New York, lebih suka baju2 gelap buat sehari-hari. Termasuk ke kantor lah yaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ember nin...jarang banget yang pake baju warna gonjreng :D

      Delete
  4. Ah irinyaaaaaaa~ Ini salah satu kota yang wajib dan harus aku datengin sebelum mati nanti #yosh semoga bisa terpenuhi #amen!

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Subscribe