3 Cara Agar Foundation terlihat Flawless (Terutama di area hidung!)

8:51 AM


Bagi kalian yang punya pori-pori besar, pernah tidak sih saat mengaplikasikan foundation didaerah hidung hasilnya tidak mulus? Bukannya terlihat rata dan flawless diatas permukaan kulit, yang ada foundation nya malah masuk kedalam pori-pori dan terlihat seperti ada bintik-bintik putih di hidung. Ini dia salah satu permasalahan besar yang saya alami saat pakai foundation. Karena sering pencet komedo sendiri, akhirnya pori-pori di hidung saya membesar dan saat dipakai kan foundation hasilnya tidak rata. Mau menyesal pun sudah percuma,  saya pun akhirnya cuma bisa bereksperimen agar foundation saya tetap terlihat flawless.

Dari semua tips yang sudah saya coba, ada 3 cara paling tokcer yang berhasil membuat foundation jadi lebih flawless, terutama di daerah hidung. And I swear by these methods, ketiga cara ini selalu berhasil untuk saya!

1. Menggunakan Primer
Dulu saya pikir dengan pakai moisturizer saja sudah cukup sebagai base untuk mendapatkan hasil foundation yang mulus. Tapi ini tidak berlaku untuk pori pori besar saya. Kulit saya wajib pakai primer sebelum menggunakan foundation. 
Why Primer works? Primer bekerja dengan cara mengisi pori-pori, garis halus, serta kerutan di wajah, sehingga memberikan layer yang rata diatas permukaan kulit yang ketika diaplikasikan foundation akan terlihat smooth

2. Menggunakan Sponge Basah
Jika tidak mau pakai primer terlebih dahulu, maka biasanya saya siasati dengan cara mengaplikasikan foundation dengan sponge make up yang telah dibasahi. That's why people create Beauty Blender and all the dupes because they are really works.  Penggunaaan sponge basah cocok untuk segala jenis kulit termasuk kulit yang berpori-pori besar sekalipun. 
Why Wet Sponge Works? Cara pengaplikasian foundation dengan sponge basah adalah dengan ditekan-tekan ke atas permukaan kulit shingga foundation menempel dengan rata serta memberikan hasil yang tidak streaking. Dijamin tidak ada bintik-bintik putih di hidung!

3. Menggunakan Stipling Brush
Dulu saya sempat bingung cara menggunakan brush ini. Bentuk nya juga agak unik, bulu-bulunya tipis dan bikin saya pusing waktu mau pakai. Tapi karena sudah terlajur dibeli, sayang juga dong kalau dianggurin. Akhirnya saya buka-buka YouTube dan cari petunjuk detail tentang Stippling Brush, setelah itu saya praktekan sesuai tutorial di YouTube. Dan beneran loh, setiap kali saya mengaplikasikan foundation pakai stippling brush, hasilnya selalu flawless. Kunci pemakaian stippling brush cuma satu, jangan ditekan namun cukup di rotate/swirl saja diatas permukaan kulit. 
Why Stippling Brush works? Mengaplikasikan foundation dengan stippling brush dapat memberikan hasil airbrush finished karena instead of menekan foundation kedalam kulit, stippling brush memungkinkan foundation untuk dapat menutup kulit dengan halus. 

Karena biang keladi dari masalah ini adalah pori-pori yang besar, jadi sebaiknya jangan memencet komedo atau jerawat di hidung (atau dibagian lainnya, kalau bisa :D), karena bisa dipastikan pori-porinya akan jadi membesar seperti yang saya alami. Tapi kalau ternyata sudah terlanjur, yah semoga 3 cara diatas bisa membantu :D


Sekian postingan saya dan sampai jumpa!





You Might Also Like

10 comments

  1. Iya bner bget primer tu bantu bget nutupin pori" yg besar, dlu aku jga punya pengalaman yg sama. Tapi smenjak aku pkein primer, udh mendingan bget looohh..
    great tips!

    my-makeupdiary.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ember.... aku dulu suka skip step ini, tapi sekarang engga lagi. soalnya perbedaannya nyata banget antara pake ato engga pake :D

      Delete
  2. Wahhh pantesan,,aku jg kayak gitu kalo make foundi,,,soalnya cman beralaskan moist.
    Nice post.
    http://ifrillah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey ifrillah, samaa...aku juga tiap pake moisturizer doang pasti hasil foundtion ku jadi gak rata, terutama bagian hidung... kalo gak mau pake primer, bisa pake sponge basah atau stippling brush say.. they really work!

      Delete
  3. Tapi pake stippling brush kok suka ada bulu yg rontok dan nempel di muka ya.

    esybabsy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mak esy, stippling brush masami ku juga suka rontok kalo dipake....itu artinya cuma satu: kudu upgrade ke sigma brush :D hahahaha

      Delete
  4. Imel, rekomendasikan primer yg bagus dong. Kalau drugstore atau mudah didapat lebih bagus lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey, cobain L'Oreal aja say. ato NYX juga kalo gak salah ngeluarin primer buat muka deh.

      Delete
  5. Any recommendations ga mba primer bt yg pori2 besar?

    ReplyDelete

Subscribe