Me Figure Out Fashion: Pleated Dress

5:09 AM

Sekalipun bukan fashion blogger, tapi saya lagi ingin ngomoging hal-hal berbau fashion nih. Gara-gara suka kepoin blog nya WendyLookBook dan ExtraPetite yang badannya sama-sama mungil seperti saya, jiwa fashionista saya jadi berkobar-kobar, padahal sih pengetahuan saya tentang fashion nol besar. Jangankan mengikuti tren terkini, ke kantor saja saya masih suka pakai sendal jepit (kalau lagi musim hujan, ya).

Sebelum ngomoning tentang baju, saya mau buka-bukaan dulu ngomongin tentang body. Jadi begini loh, setiap orang memang tidak ada yang sempurna. Itu sudah pasti. Dan seperti yang selalu Ibu saya pesankan: jadi orang itu harus banyak bersyukur. Itupun sudah saya lakukan. Tapi terus terang, ada hal-hal yang sebenarnya ingin saya komplain dari body saya. Agak susah jika men-sterotype-kan bentuk badan saya karena campur aduk dari berbagai tipe. Tapi yang pasti, badan saya ini sangat pendek, tidak sampai 150 cm. Tidak cuma pendek tapi tulang saya juga besar. Betis saya besar dan tangan saya juga besar. Singkat cerita, dengan bentuk badan seperti ini, saya jadi harus pintar-pintar dalam memilih baju. Termasuk saat memilih pleated dress.



Yes, baju-baju seperti ini bisa membuat kita tampak lebih feminime dan girly. Saya sangat suka memakai Pleated Dress karena it makes me feel like a woman (aihhhh). Selain Pelated Dress, ada juga Pleated Skirt. Bentuknya sebelas dua belas lah, bedanya Pleated Dress ada atasannya. Dress ini disebut Pleated karena bagian roknya berample/berlipit seperti rok anak SD. Sekalipun cute, tapi memakai dress modek ini bisa sedikit tricky loh, apalagi kalau yang pakai body nya kaya saya. Pleated dress biasanya berbentuk pressbody dari pinggang keatas lalu mengembang dari pinggang ke bawah sehingga bisa menghasilkan efek gendut ke badan saya terutama dibagian pinggang. Makanya setiap kali beli pleated dress ada 5 hal yang saya selalu saya  perhatikan:
  1. Saya selalu memilih dress berbahan ringan, contohnya: chifon. Kebayang kan kalau saya memakai Pleated Dress dari bahan jeans, badan saya bisa "kebanting" sama dress nya. 
  2. Setiap beli dress, termasuk pleated dress, saya selalu pilih yang berlengan. No sleevless for me, please. Ini sudah jelas, karena tangan saya yang besar harus ditutupi. 
  3. Panjang pleated dress tidak lebih dari lutut. Kalau saya pakai dress yang panjang nya melebihi lutut, akan membuat kaki saya terlihat lebih pendek. 
  4. Pilih warna monocrome. Dari yang saya baca di Internet sih, memilih baju warna senada dapat memberi kesan tinggi dan langsing. Oh, i wish it's that simple, tapi saya percaya-percaya saja deh. 
  5. Pilih lipit/flare rok yang tidak terlalu besar agar badan tidak semakin "tenggelam".
source: asos.com
Let me know what's your rule in choosing a pleated dress? What style do you like? Have a nice day and I'll see you in my next post! :)



You Might Also Like

0 comments

Subscribe